Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )
No. 3
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : VIII / I
Materi
Pokok : Memahami macam-macam Sujud
Alokasi
Waktu : 3 x 3 JPL (9
JPL)
a.
Kompetensi Inti:
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
b.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. KD
|
Kompetensi dasar
|
No. Indikator
|
Indikator
|
1.5
|
Menerapkan
ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwiberdasarkansyariat Islam
|
1.5.1
|
Membiasakan
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.7
|
Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
|
3.7.1
3.7.2
3.7.3
|
Menjelaskan pengertian sujud syukur
berdasar syariat Islam
Menjelaskan
pengertian sujud tilawah berdasar syariat Islam
Menjelaskan
pengertian sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
|
|
3.7.4
3.7.5
3.7.6
|
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud syukur berdasar syariat Islam
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud sahwi berdasar syariat Islam
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud tilawah berdasar syariat Islam
|
4.7
|
Mempraktikkan
sujud syukur, sujud sahwi,dan sujud tilawah
|
4.7.1
|
Melaksanakan
tata cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam
|
|
|
4.7.2
|
Mempraktekkan
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasar syariat Islam
|
c. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Setelah
memperhatikan tayangantutorial macam-macam sujud dan melakukan penelusuran
kepustakaan, peserta didik dapat :
a. Menjelaskan pengertian
sujud syukur berdasar syariat Islam
b. Menjelaskan pengertian
sujud sahwi berdasar syariat Islam
c. Menjelaskan pengertian
sujud tilawah berdasar syariat Islam
Pertemuan 2 :
Setelah
memperhatikan tayangan tutorial macam-macam sujud dan melakukan penelusuran
kepustakaan, peserta didik dapat :
a. Menjelaskan ketentuan
dan cara sujud syukur berdasar syariat Islam
b. Menjelaskan ketentuan
dan cara sujud sahwi berdasar syariat Islam
c. Menjelaskan ketentuan
dan cara sujud tilawah berdasar syariat Islam
Pertemuan 3:
Setelah
mengikuti pembelajaran macam-macam sujud dengan pendekatan saintifik, peserta
didik dapat :
a. Mempraktekkan sujud
syukur berdasar syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
b. Mempraktekkan sujud
tilawah berdasar syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
c. Mempraktekkan sujud
syahwi berdasar syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
d.
Materi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pengertian sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur adalah sujud sebagai ungkapan terima kasih
kepada Alloh swt.atas karuniaNya; sujud sahwi adalah sujud dua kali setelah
tasyahud akhir sebelum salam; sujud tilawah adalah sujud bacaan.
b. Latar belakang sujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur dilakukan karena mendapat anugerah atau
ketika terhindar dari musibah; sujud sahwi dilakukan karena meninggalkan rukun
sholat atau sunnat ab’adh karena lupa atau karena ragu/kekurangan/kelebihan
bilangan rokaat; sujud tilawah dilakukan
apabila membaca atau mendengar ayat sajdah dibaca.
c. Dasar hukum sujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
كان إذا جاءه أمر سرور أوبشر به خر ساجدا شاكرا لله
إذا شك أحدكم في صلاته فلم يدركم صلى ثلاثا أم أربعا
فاليطرح الشك واليبن على مااستيقن ثم يسجد تين قبل أن يسلم
إذاقرأ ابن أدم السجدة إعتزل الشيطان
2. Pertemuan 2
a. Bacaan sujud syukur, sujud
sahwi, dan sujud tilawah
سجد
وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره بحوله وقوته
سبحان
من لا ينام ولا يسهو
سجد
وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره بحوله وقوته
b. Tata cara sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur: sujud satu kali diawali takbiratul ihram
dengan diniati syukur, duduk kemudian salam. Sujud ini dilakukan dluar sholat.
Sujud sahwi 2 kali dilakukan setelah membaca tasyahud
akhir, seperti melakukan sujud dalam sholat.
Sujud tilawah diluar sholat : sujud satu kali dengan
takbiratul ihram dan niat sujud tilawah tanpa salam. Dilakukan oleh pembaca
adapun bagi yang mendengar disunnatkan jika yang membaca juga melakukan sujud
tilawah.
Sujud tilawah didalam sholat : sujud satu kali dengan
takbiratul ihram dan niat sujud tilawah tanpa salam. Dilakukan oleh
imam/munfarid adapun bagi makmum disunnatkan jika imam juga melakukan sujud
tilawah, kemudian melanjutkan bacaan ayat.
3. Pertemuan 3
a. Hikmah sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah
Sujud syukur: Menambah karunia nikmat (Q.S. Ibrahim:7),
sebagai ungkapan terima kasih, menyadari segala kekuatan menghindari musibah
dan pertolongan dalam menjalankan ibadah hanya datang dari sisi Alloh swt.
Sehingga kening manusia sebagai lambang kemuliaan harus direbahkan guna
membuang keangkuhannya.
Sujud sahwi: menghilangkan syak dari setan sekaligus
menyempurnakan ibadah, menyadari kekurangannya, karena kemuliaan dan sifat
sempurna hanya milik Allah swt.
Sujud tilawah: mengkufuri perilaku syetan yang enggan,
memuliakan kalam Allah swt.
b.
|
|
e.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Kontekstual, kooperatif
3. Teknik : Permodelan
f.
Media,
Alat Dan Sumber Belajar
1. Media
a.
Video Tutorial pelaksanaan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
b.
Slide materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
2. Alat
a.
Laptop
b.
LCD Projector
c.
Speaker eksternal
d.
Internet
3. Sumber Belajar
a. Departemen Agama RI.
2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b. Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIII/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Website terkait materi
sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
4. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
·
Pertemuan pertama:
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Membuka pembelajaran
dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta
didik dengan penuh khidmat.
2. Membaca al Qur’an surah Ibrahim:7
dengan terjemahnya secara
bersama-sama.
3. Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
4. Memberikan motivasi
pentingnya melakukan amalan-amalan sunnah.
5. Memberikan appersepsi berbagai
kegiatan muslim: mengalami kesuksesan, terhindar dari musibah, ragu-ragu dalam
menentukan bilangan rokaat sholat, menjumpai ayat-ayat bertanda khusus (tanda
sajdah)
6. Memberi informasi KI /
K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
7. Guru
mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 – 5
peserta.
8. Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Mengamati
1. Peserta didik memperhatikan
tayangan VCD tutorialsujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah secara interaktif.
2. Peserta didik membaca
materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah yang ada di buku siswa.
b. Menanya
1. Melalui motivasi dari
guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari hasil melihat tayangan dan
membaca materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
2. Dialog mendalam secara klasikal
untuk mengungkap latar belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
serta bagaimana mempraktekkannya dengan dalam situasi sehari-hari berdasarkan
hasil pengamatan dari guru/tayangan
audio visual.
c. Eksplorasi
(mencoba/mencari informasi)
Melalui tayangan tutorial yang sudah diputar kembali,
para Peserta didik melakukan kegiatan melafalkan bacaan yang dibaca ketika
sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah sampai benar, secara individu,
kelompok maupun klasikal.
d. Mengasosiasi/menalar
Peserta didik menginventarisir dan mendiskusikan latar
belakang sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah.
e. Mengkomunikasi
1. Peserta didik yang
dianggap paling benar dalam permodelannya, mempraktekkan kembali sekaligus memaparkan pengertiansujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
2. Peserta didik lain
mengamati dan menanggapi terhadap permodelan yang sudah ditunjukkan sekaligus
memberi masukan terhadap pengertian sujud syukur, sujud sahwi,
dan sujud tilawah.
3. Penutup (10 menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah
selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
·
Pertemuan kedua:
a. Pendahuluan ( 15 menit)
1. Membuka pembelajaran
dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta
didik dengan penuh khidmat.
2. Membaca doa-doa sujud
syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah secara
bersama-sama.
3. Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
tempat duduk dan melakukan apersepsi.
4. Memberikan motivasi
pentingnya kefasihan dalam melafazhkan ayat/doa dalam bahasa Arab.
5. Memberikan appersepsi pentingnya
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6. Peserta
didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 – 5 anak.
7. Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti ( 90 menit )
a. Mengamati
1) Peserta didik mengamati
presentasi power point tentang materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah yang ditayangkan guru
b. Menanya
Melalui
motivasi dari guru, peserta didik
mengajukan pertanyaan tentang hal- hal yang belum jelas dari hasil
melihat tayangan dan pembacaan materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
c. Eksplorasi
(mencoba/mencari informasi)
1. Melalui tayangan video
tutorial yang sudah dilihat, para siswa mendemonstrasikan sujud syukur, sujud
sahwi, dan sujud tilawah per kelompok.
2. Kelompok pengamat
memberi masukan terhadap pelaksanaan demonstrasi kelompok pelaku.
3. Peserta didik mencari
informasi tambahan tentang pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
4. Kelompok pengamat
melakukan penilaian dengan berdasar rubrik praktek yang disediakan guru.
d. Mengasosiasi/menalar
1. Kelompok diskusi peserta
didik membuat peta konsep materi dan persiapan presentasi materi.
e. Mengkomunikasi
1. Kelompok diskusi secara bergantian mempresentasikan materi dengan alat
bantu peta konsep.
2. Kelompok pendengar memberikan masukan terhadap presentasi kelompok
pemapar.
3. Penutup (15 menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah
selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut : melanjutkan
presentasi kelompok yang belum tampil, penilaian diri dan ulangan harian tulis.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
·
Pertemuan ketiga:
a. Pendahuluan ( 15 menit)
1. Membuka pembelajaran
dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta
didik dengan penuh khidmat.
2. Membaca doa-doa sujud
syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah secara
bersama-sama.
3. Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian,
tempat duduk dan melakukan apersepsi.
4. Peserta
didik duduk sesuai kelompoknya.
5. Guru
memberikan pertanyaan lisan terhadap masing-masing kelompok.
6. Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti ( 90 menit )
a. Mengamati
Peserta didik mengamati
peta konsepkelompok pemapar yang ditempel semua di depan kelas.
b. Menanya
Kelompok
pendengar memperhatikan, memberikan pertanyaan atau pernyataan dan membuat
catatan masukan terhadap peta konsep kelompok lain.
c. Eksplorasi
(mencoba/mencari informasi)
Kelompok
pemapar menggali kembali informasi melalui penelusuran pustaka maupun internet
terhadap masukan dan pertanyaan tim pendengar yang belum terjawab.
Peserta
didik mengerjakan tes tulis Ulangan Harian dengan materi macam-macam sujud.
d. Mengasosiasi/menalar
Peserta didik mengisi rubrik penilaian diri
e. Mengkomunikasi
Kelompok diskusi secara bergantian menyampaikan umpan balik dan jawaban
terhadap masukan dari kelompok lain yang belum dapat terjawab pada kesempatan
presentasi pertama.
3. Penutup (15 menit)
a. Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah
selanjutnya.
b. Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut : materi
selanjutnya adalah sholat sunnah berjama’ah dan munfarid, dimana sujud syukur,
sahwi dan tilawah memiliki kaitan erat dengannya.
d. Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran
dengan berdoa.
f.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Tehnik penilaian : non tes (penilaian diri)
Bentuk penilaian : skala penilaian (rating scale)
Instrumen penilaian : lembar penilaian diri
Mengetahui
Kepala Sekolah,
......................................
NIP.
|
Semarang,
.................
Guru
Mata Pelajaran
PAI
dan Budi Pekerti
......................................
NIP.
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda
cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
Nama
Peserta Didik : ………………………
Kelas :………………………….
Materi
Pokok :………………………….
Tanggal :………………………….
|
Keterangan
:
·
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
·
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
·
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
·
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
SIKAP SPIRITUAL
|
*)
Jika butir ini tidak pernah dilakukan, maka butir 6 dan 9 tidak perlu dijawab.
NILAI
SPIRITUAL DIDAPAT DARI JUMLAH SKOR CHECK LIST DIBAGI JUMLAH BUTIR PERNYATAAN
Keterangan:
Pernyataan
positif :
·
1 untuk sangat
tidak setuju (STS),
·
2 untuk tidak
setuju (TS), ,
·
3 untuk setuju
(S),
·
4 untuk sangat
setuju (SS).
Pernyataan
negatif :
·
1 untuk sangat
setuju (SS),
·
2 untuk setuju
(S),
·
3 untuk tidak
setuju (TS),
·
4 untuk sangat
tidak setuju (S).
KONVERSI NILAI SIKAP SESUAI DENGAN
PERMENDIKBUD NO. 81A TAHUN 2013
PREDIKAT
|
NILAI KOMPETENSI
|
KONVERSI
|
ANGKA
|
SIKAP
|
|
A
|
4
|
SB
|
A -
|
3,66
|
|
B +
|
3,33
|
B
|
B
|
3
|
|
B -
|
2,66
|
|
C +
|
2,33
|
C
|
C
|
2
|
|
C -
|
1,66
|
|
D +
|
1,33
|
K
|
D
|
1
|
2. Pengetahuan
Tehnik
penilaian : tes
Bentuk
penilaian : tes tulis
Instrumen
penilaian : soal uraian
Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Skor
|
3.7.1
|
Menjelaskan
pengertian sujud syukur berdasar syariat Islam
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian sujud syukur!
Kunci Jawaban:
Sujud
tanda terima kasih kepada Allah swt atas karuniaNya, baik berupa
keberuntungan maupun terhindar dari musibah.
Tuliskan
doa sujud syukur!
Kunci jawaban :
سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره بحوله وقوته
Sajada
wajhiy lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa
quwwatihi
|
15
15
|
3.7.2.
|
Menjelaskan
pengertian sujud tilawah berdasar syariat Islam
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian sujud sahwi!
Kunci Jawaban:
Sujud dua kali yang dilakukan
setelah membaca tasyahud akhir sebelum salam disebabkan meninggalkan salah
satu rukun sholat karena lupa atau ragu-ragu menentukan bilangan rokaat
sholat.
Tuliskan doa sujud syukur!
Kunci jawaban :
سبحان من لا ينام ولا يسهو
Sub-haana man-laa yanaamu walaa yas-hu (3x)
|
15
15
|
3
|
Menjelaskan
pengertian sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian sujud tilawah!
Kunci Jawaban:
Sujud bacaan, yaitu sujud satu kali ketika
seseorang membaca atau mendengar ayat sajdah dibacakan.
Tuliskan doa sujud tilawah!
Kunci jawaban :
سجد وجهي للذي خلقه وشق سمعه وبصره
بحوله وقوته
Sajada
wajhiy lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa
quwwatihi
Sebutkan
rukun-rukun sujud tilawah diluar sholat!
Kunci jawaban :
Niat,
takbiratul ihram, sujud dan memberi salam sesudah duduk
|
15
15
10
|
|
|
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
2. Pengetahuan
Tehnik penilaian :
tes
Bentuk penilaian :
tes lisan
Instrumen penilaian :
daftar pertanyaan
Instrumen
Penilaian Tes Lisan
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Kunci
Jawaban
|
3.7.4
|
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud syukur berdasar syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Kondisi dan situasi apakah yang membuat anda melakukan
sujud syukur?
|
Pada saat menerima nikmat/keberuntungan
Pada saat terhindar dari musibah
(variannya bisa diperluas sesuai wawasan peserta
didik)
|
3.7.5
|
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud sahwi berdasar
syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Bacakan doa sujud sahwi!
|
سبحان من لا ينام ولا يسهو
Sub-haana man-laa yanaamu walaa yas-hu (3x)
|
3.7.6
|
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud tilawah berdasar
syariat Islam
|
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
Tunjukkan satu ayat sajdah (peserta didik membawa
Mushaf Al Quran)!
|
Peserta didik memegang dan membuka Al Qur’an dengan ta’zhim, dan
menunjukkan ayat sajdah dengan mengetahui tanda paling mudah untuk
mengenalinya:Q.S. Al A’raaf : 206, Q.S. Ar Ra’d : 15, Dst.
|
3.
3. Keterampilan
Tehnik penilaian : Praktek
Bentuk penilaian : Unjuk kerja
Instrumen penilaian : lembar penilaian unjuk kerja
LEMBAR
PENILAIAN UNJUK KERJA
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda
cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari
Nama Peserta Didik : ………………………………
Kelas :……………………………….
Materi Pokok :……………………………….
Tanggal :……………………………….
|
Keterangan :
·
4 = SB
·
3 = B
·
2 = C
·
1 = K
|
|
Skor
maksimal = (jumlah skor : jumlah butir penilaian) x 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar